Minggu, 18 November 2012

SEJARAH MUNCULNYA ILMU KOMUNIKASI

Sejarah ilmu komunikasi ini lebih banyak penulis kutip dari buku karya Teguh Meinanda yang berjudul Pengantar Ilmu Komunikasi dan Jurnalistik. Ilmu komunikasi pada mulanya timbul di Amerika Serikat (Istilah Journalism), merupakan pertumbuhan pengetahuan, di mana pers merupakan obyek studinya. (Meinanda, 1981. Hal 1).
Pada awalnya, sebelum menjadi ilmu komunikasi, istilah yang muncul adalah Jurnalistik (Journalism), dalam buku Pengantar Ilmu konukasi dan Jurnalistik dikatakan bahwa  pada tahun 1986 seorang mantan panglima pada perang saudara di Amerika Serikat yang kemudian menjadi rector pada Washington College Robert E. Lee menganjurkan agar tiap tahun disediakan beasiswa untuk 50 orang pemuda untuk studi jurnalistik.
Kemudian ada lagi seorang wartawan Joseph Pulitzer yang mempunyai cita-cita mendirikan School of Journalism yang akhirnya mendapat tanggapan positif dari Rektor Havard University, yaitu Charles E. Elliot, dan Rektor Columbia University, yaitu Nicholas Murray Butler. Dan kemudian akhirnya berdirilah School of Journalism, akan tetapi setelah diteliti ternyata journalism tidak hanya mempelajari serta meneliti yang bersangkut paut dengan bidang jurnalistik saja, akan tetapi juga yang bersangkutan dengan produk-produk media massa, dari situlah, kemudian istilah journalism berkembang menjadi mass communication.
Istilah mass communication inilah yang kemudian diakui lebih tepat untuk digunakan sebab, mass communication ini mencakup keseluruhannya, yaitu tidak saja kegiatan jurnalistik tetapi juga karya-krya lainnya yang disiarkan melalui media massa.
Akan tetapi, pada perkembangan selanjutnya, ternyata istilah mass communication dirasa tidak tepat lagi, karena ternyata tidak merupakan proses yang total. Dari hasil penelitian para ilmuan antara lain adalah Paul Lazarsfeld, Bernard Berelson, Hazel Gaudet, menunjukkan bahwa gejala social akibat media massa hanyalah merupakan satu tahap saja, padahal menurut mereka ada tahap selanjutnya yaitu meneruskan pesan dari media massa dengan melalui mulut ke mulut yang impaknya justru sangat besar. (Meinanda, 1981. Hal 2)
Oleh sebab itu kemudian muncullah istilah baru yang sampai sekarang istilah tersebut  kita kenal dan gunakan, yaitu Communication Science (Ilmu Komunikasi). Demikianlah latar belakang berkembangnya Ilmu komunikasi.

sumber : http://blog.umy.ac.id/ucihaklan/ilmu-komunikasi/sejarah-munculnya-ilmu-komunikasi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar